Forensik Teknologi Informasi (IT Forensics)

Forensik Teknologi Informasi (IT Forensics)

Ini adalah Perlunya Perkembangan IT Forensics

1.1 Latar Belakang Masalah

Pada abad ke 21 ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Terutama teknologi informasi yang tiap harinya mengalami kemajuan. Penggunaan teknologi informasi juga sudah merambah ke setiap sendi kehidupan manusia.

Contohnya, setiap organisasi membutuhkan banyak data untuk diolah menjadi sebuah informasi yang berguna bagi organisasi tersebut. Data seperti ini biasa disimpan atau di transfer oleh sistem komputer, personal digital assistants (PDA), networking equipment dan sumber – sumber data lainnya. Untuk itu penting adanya analisa data. Karena analisa data dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti merekonstruksi kejadian keamanan komputer, trouble shooting permasalahan operasional dan pemulihan dari kerusakan sistem yang terjadi secara mendadak.

Analisa data terdiri dari analisa data komputer dan analisa data jaringan. Analisa data komputer berhubungan dengan data pada media penyimpanan suatu komputer, sedangkan analisa data jaringan berhubungan dengan data yang melintas pada suatu jaringan. Jadi, jika kedua jenis analisa ini dikombinasikan maka dapat menangani dan memberikan dukungan operasional terhadap suatu masalah.

Untuk melakukan analisa ini, ada proses – proses yang harus dilakukan, diantaranya acquisition, examination, utilization dan review. Biasanya dalam melakukan proses – proses tersebut terdapat kesulitan, untuk itu penulis membuat guide lines proses – proses tersebut. Hal ini diupayakan untuk memudahkan penyelenggaraan proses analisa data tersebut, serta untuk memberikan informasi atas penggunaan proses dengan empat kategori sumber data utama, diantaranya file, sistem operasi, lalu lintas jaringan dan aplikasi.

1.2 Batasan masalah

Yang menjadi batasan masalah pada penulisan ilmiah adalah dimana proses dan teknik analisa data yang akan diperkenalkan didasarkan pada prinsip forensik digital. Dimana forensik digital adalah aplikasi dari ilmu pengetahuan kepada indentifikasi, koleksi, analisa, dan pengujian dari bukti digital. Untuk itu disini hanya akan membahas penggunaan data yang bersumber dari data files, operating system, network traffic, application dan sumber data lainnya secara garis besarnya saja.

1.3 Tujuan penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu standar guide lines, supaya kita dapat menentukan tools yang seperti apa yang dapat digunakan dalam menghadapi suatu masalah berdasarkan sumber data yang kita gunakan, karena hal ini merupakan bagian dari proses analisa data.

1.4 Metode Penelitian

Metode pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Studi Pustaka dimana bahan materi guide lines ini diperoleh dengan cara mengumpulkan beberapa artikel yang mempunyai keterkaitan dengan masalah ini, terutama yang berkaitan dengan computer forensics.

Sumber (amutiara.wordpress.com/category/information.../it-forensics/.../2/)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Forensik Teknologi Informasi (IT Forensics)"

Posting Komentar